Pages

Friday, October 21, 2011

menyerap ilmu

 Pengetahuan (knowledge) adalah sesuatu yang diketahui langsung dari pengalaman, berdasarkan panca indra, dan diolah oleh akal budi secara spontan. Pada intinya, pengetahuan bersifat spontan, subjektif dan intuitif. Pengetahuan berkaitan erat dengan kebenaran, yaitu kesesuaian antara pengetahuan yang dimiliki manusia dengan realitas yang ada pada objek.( http://file2shared.wordpress.com/ilmu-pengetahuan-metode-ilmiah-dan-penelitian-ilmiah/)
           ketika degup jantung seirama dengan aliran hasrat, kita memiliki kekuatan untuk menyerap segala ilmu pengetahuan dengan sangat mudah .
dan seberapa besar kemampuan sponge (otak)Anda untuk menyerap apa yang terjadi di sekitar anda berpengaruh terhadap ilmu yang anda dapat dari sekitar, dimana anda juga membutuhkan hasrat sebagai pemicu penyerapan ilmu, bisa diartikan bahwa hasrat itu yang mengalirkan rasa nikmat keingintahuan dan terus-terusan membuat otak menjadi mengembang dan mengembang seperti sponge menyerap air dan memerasnya menjadi ilham yang secara otomatis membuat otak anda bekerja secara autopilot ketika ilmu itu anda perlukan dalam keseharian.
           suatu ketika saya mempelajari alat musik gitar, tanpa ada hasrat apapun, hanya karena ingin ikut-ikutan keren bisa memainkan alat musik tersebut...tapi in the end saya frustasi karena tidak juga bisa menguasai alat musik tersebut...saya merasa bodoh dan tidak berbakat...tapi suatu ketika kini saya mencoba lagi untuk belajar, bukan karena ingin sok pamer tapi karena saya mulai hobi mencari-cari nada untuk lagu-lagu yang saya sukai...dan hasilnya sedikit demi sedikit saya menemukan feel merangkai nada-nada dari lagu yang saya sukai..."WOW !!" saya merasa berbakat dalam bidang ini.
          maka dari itu saya mulai menyadari pentingnya hasrat dalam suatu pembelajaran, karena tanpa hasrat, otak hanya sebatang pohon yang kering tanpa mampu akar-akarnya menyerap air ilmu pengetahuan. Maka selanjutnya saya akan mencari tahu bagaimana cara menumbuhkan hasrat akan suatu ilmu,

Menurut Mc. Donald, motivasi adalah perubahan energy dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Dalam pengertian Mc. Donald ini dalam (Sardiman, 2004) ada tiga elemen pokok dalam motivasi yaitu : motivasi mengawali terjadinya perubahan energy, ditandai dengan adanya feeling, dan dirangsang karena adanya tujuan (Pupuh, 2007).

       hasrat atau lebih lanjut adalah motivasi, kedua kata ini memiliki makna yang berbeda tapi menurut saya sama saja karena orientasi dari makna tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu pemicu suatu proses untuk menggapai sesuatu yang sangat kita inginkan.
     jadi saat ini bisa saya ambil kesimpulan bahwa untuk menyerap dan mengaplikasikan suatu imu dengan mudah saya atau anda haruslah mempunyai suatu tujuan yang benar- benar saya atau anda inginkan atau impikan.
just thats it for now...

sincerely.
mr.smirk 

No comments:

Post a Comment